Senin, 11 Maret 2013

Artikel Pendidikan


 
Pengetan  Hari Guru  25 Nopember 2010:

GURU LAN PEMBANGUNAN WATAK


Dening : Nono Warnono *)

Wis dikawuningani yen pendidikan nglungguhi peran wigati ing ndalem nyengkuyung owah-owahan positif tumuju pembangunan peradaban masyarakat ing lingkup lokal,regional, nasional nganti tataran global. Ing sadawane perjalanan sejarah  Indonesia maneka pangupaya ngundhakake mutu pendidikan wis disranani kanthi maneka ikhtiyar, wiwit   ningkatake mutu guru kadidene sumber daya manusia ( human resources ), gonta-gantine kurikulum, laire maneka warna undang-undang nganti muncule maneka peraturan. Kabeh             usaha mau ngener tumuju  marang  gegayuhan kepiye bisane kasil mujudake pendidikan kang luwih becik kwalitase.
Pangrekadaya kareben kasembadan nggayuh tujuan kasebut, eksistensi guru dadi pilar penting pinangka panyengkuyung kasil orane pendidikan lumantar proses pembelajaran ing bangku sekolah. Komitmen pengabdian, mutu kinerja, sarta  kompetensi guru dadi faktor wigati kanggo  nggulawenthah peserta didik kareben bisa nampa transformasi pengetahuan (domain kognitif), internalisasi nilai sikap (domain afektif) lan gladhi ketrampilan life skill ( ranah psikhomotorik ),kaya kang nate kabiwarakake lumantar Taxonomi Bloom ( 1952). Produk pendidikan kaajab bisaa menehi pengaruh signifikan marang perubahan perilaku positif lan memangun karakter. Kanthi kahanan mangkono istingarah sawise proses pendewasaan rampung ing pamulangan,  peserta didik bisa dadi warga masyarakat kang produktif  lan migunani ing madyaning bebrayan.  
Emane pangarep-arep mau isih winates ing sajrone angen-angen lan pangimpen, durung bisa kaleksanan kanthi optimal, isih adoh nyamut-nyamut. Yagene? Jalaran mutu pendidikan sasuwene iki isih ditaker kanthi parameter (ukuran) kuantitatif, rupa kumpulan angka-angka nilai ujian nasional (Unas). Nglirwakake ketrampilan proses kang lumaku, sahingga guru anggone mulang ketungkul model pembelajaran konvensional lan transaksional, durung pembelajaran kang transpormatif.  
Banjur kepriye mutu kelulusan pendidikan kang mung adhdhasar orientasi nilai hasil dudu nilai proses? Bisa dibedhek, lamun  ing tengah bebrayan perilakune generasi mudha mau isih durung dadi faktor panyengkuyung, ananging malah dadi sesanggan sosial ing tengah masyarakat. Lire, karakter kang tumanem ing saben pribadi durung nggambarake produk pendidikan kang santun lan berkarakter. Ing babagan liya ketrampilan hidup (life skill) kang dikuasai isih minim banget lan kurang bisa bersaing ing tengah dunia kerja.
Keprihatinan mau ora mung disebabe model pembelajaran ing njero kelas, nanging uga karana perilaku pendidik kang ora keplok antarane pangucap lan tumindak. Ora sethithik tenaga edukatif (pendidik) sing durung bisa ngemban amanah sawutuhe. Durung pantes dadi patuladhan para murid, luwih-luwih dadi panutan ing tengah masyarakat. Kita asring nyumurupi guru-guru (nadyan ora kena digebyah uyah) kang laku ora jujur ( malsu usul kenaikan pangkat, rekayasa portofolio sertifikasi), ora disiplin (ajeg teka telat, kerep mbolos, dhemen cangkrukan/ngrumpi lan liya-liyane), laku amoral (slingkuh, cabul, dadi calo CPNS, lan sapanunggalane). Kabeh mau aweh gegambaran sepira mrosote kualitas sumber daya pendidik, sahingga masyarakat melu sumelang nyawang kanyatan kang mutawatiri mau. Kamangka kanthi laire Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 ngenani guru lan dosen, para pendidik profesional wis diapresiasi dening pemerintah wujud tambahan tunjangan kesjahteraan  satu kali gaji. Minangka panyurung mungguh bisane para guru grengseng kebak semangat pengabdian, kinerja optimal, berkepribadian lan berkarakter, sahingga kasil nggayuh prestasi-prestasi kang onjo.
Mula kanggo ngawekani kanyatan kasebut wigati banget anane revitalisasi pembangunan watak (character building) marang guru kadidene pendidik lan peserta didik/murid, kaya kang nate dingendikakake wakil menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, nalika mbukak seminar pendidika ing Jakarta durung suwe iki. Pembangunan watak lan budi pekerti perlu diwulangake sajrone proses pembelajaran ing  bangku sekolah, murih murid lan guru ora mung cerdas intelektual ananging uga cerdas emosional (emotional quotion), cerdas spiritual (spiritual quotion) lan cerdas sosial ( social quotion ).
Ing awal kamardhikan Indonesia, Bung Karno nate ngupaya  kepriye watak/karakter bangsa kudu dibangun ing sajrone konteks politik kang dinamis. Moh Said lan Ki Hajar Dewantara (Taman Siswa) uga adreng setiyar mungguh kepriye ing bangku pamulangan peserta didik ora mung pinter intelektuale kewala, nanging bisaa ginulawenthah kadidene manungsa berkarakter (konteks pedagogik). Rikala samana usaha-usaha mau nduweni makna kang jero karana para pelaku politik lan pendidikan  isih tulus murni ngupaya kanggo mujudake bangsa kang berwatak lan berkepribadian. Nanging saiki usaha pembangunan watak kang diadani dening birokrat pendidikan, politisi lan maneka organisasi pendidikan krasa tanpa makna jalaran kabotan muatan kepentingan sesaat.
Pembangunan watak lumantar pendidikan kudune ngajak siswa nepungake nilai kognitif, penghayatan nilai ing ranah afektif banjur ngamalake nilai ing urip kanyatan (saka diagnosis menyang praktis). Kanggo nuju marang praktek, ana swsana batin kang  wigati kudu diwujudake ing pribadi siswa yaiku pepenginan kuat utawa tekat kuat kanggo wanuh nilai-nilai (conatio), dene guru ngupayaake langkah bimbingan nggemblengake tekat siswa (konatif). Ya trilogi klasik pendidikan kasebut kang asring disebut-sbut dening Ki Hajar Dewantara kadidene cipta, rasa lan karsa.
Adhedhasar gegambaran mau, pendidikan pembangunan watak sejatine nenuntun nglantarake bocah/siswa kanthi sukarela, manunggalake dhirine marang nilai-nilai kang disebut dening Prof Phenik kanthi tetembungan “voluntary personal commitment to values”.
Saliyane iku, pendidikan watak ing proses pamulangan bisa ngecakake pilihan peminatan (  seni, olahraga, IT,otomotif lan liya-liyane) kang banget wigati kanggo ancang-ancang mlebu ing dunia kerja. Pendidikan watak dudu sekedar nggrojog ceramah mental, ananging luwih marang pemaknaan konkrit lan tauladhan  nyata. Ing ngarsa asung tuladha ing madya mangun karsa tutwuri handayani.
Lumakune pendidikan watak cara evaluasi, yaiku nilai-nilai apa wae kang wis ditepungi siswa lan dipahami ngenani maneka sesurupan ing ndalem bebrayan (pengalaman sosial, etos kerja, lan kejujuran). Wondene Cak-cakan (implementasi) pendidikan pembangunan watak ing bangku pamulangan ora ateges nganakake tambahan  mata pelajaran anyar, nanging konten materi character building nyawiji ( terintegrasi ) sajrone  mata pelajaran kang wis ana. Mula pendidikan pembangunan watak dadi kewajiban kabeh guru lan stake holder ( pemangku kepentingan ) kang kawogan. Lumantar kantin kejujuran siwa nampa pelajaran kepriye kudune ngedohi tindak korupsi, lewat jam kejujuran siswa terbiasa disiplin lan nilai-nilai watak kepribadian sapanunggalane kang diangkah bisa dadi kabudayan ing saben pangucap lan tingkah laku.
Pembangunan karakter marang peserta didik ing pamulangan lan pembangunan watak masyarakat/bebrayan lumantar aktualisasi nilai-nilai luhur kaajab dadi momentum penting ing arikala pendidik Indonesia mengeti Hari Guru tahun 2010. Sahingga pendidikan ora mung dadi panggung para guru mamerake egoisme kanthi mengeksploitasi  murid bisane nggayuh nilai kang becik lumantar ujian nasional. Ananging kaajab proses pembelajaran luwih mentingake pross pendidikan secara komprehnshif ( kabeh aspek) sahingga hasil pendidikan ngasilake peserta didik kang cerdas,berkarakter lan berkepribadian.


          
*) Penulis pegiat pendidikan
                            E-mail: suwarnobbt@gmail.com








Refleksi Peringatan Hari Guru  25 Nopember 2010:

GURU PROFESIONAL
DAN PENGUATAN PENGAWAS SEKOLAH


Oleh : Suwarno *)

Laju sepeda kumbang di jalan berlubang
Slalu begitu dari dulu waktu jaman Jepang
…………………………………………..
Oemar Bakri, Oemar Bakri pegawai negeri
Oemar Bakri, Oemar Bakri empat puluh tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbhakti memang makan hati
Oemar Bakri banyak ciptakan menteri
Oemar Bakri profesor,dokter,insinyur pun jadi
Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri

           Penggalan lagu “Guru Oemar Bakri” yang dipopulerkan  Iwan Fals di tahun 80-an tersebut jika dihayati syairnya terasa  menggelitik perasaan kita. Terbersit dalam angan sosok guru yang bersahaja, berkomitmen, sabar, tulus ikhlas dan penuh dedikasi mengajar, mendidik dan melatih peserta didiknya secara totalitas meski dengan fasilitas terbatas serta gaji minim kurang memadai ( untuk mengatakan gaji sedikit dan tidak cukup menjangkau kebutuhan hidup sehari-hari ).
Dalam konteks kekinian sosok guru seperti diilustrasikan pada lagu di atas rasanya sudah jarang ditemui karena kita sudah berpijak dan merambah pada era yang berbeda. Selain dinamika kehidupan global yang melaju dengan cepat searah kemajuan IPTEK dan revolusi informasi (J.Naisbitt, 1982 ), sistem pendidikan di Indonesia sudah memberikan apresiasi finansial berupa tunjangan profesi bagi guru yang lulus sertifikasi seiring lahirnya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Reward tambahan satu kali gaji yang dinikmati guru bukanlah jumlah yang sedikit sebagai upaya serius untuk peningkatan kwalitas kesejahteraan pendidik yang selama ini menjadi alasan klise sebab-sebab  rendahnya output pendidikan di segala jenjang pendidikan.
Namun patut disayangkan realisasi tambahan kesejahteraan tersebut belum diikuti peningkatan kinerja guru secara optimal dan prestasi akademik non akademik yang membanggakan. Belum terlihat dampak perubahan perilaku secara signifikan dari tenaga edukatif tersebut sebagai cerminan peningkatan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial maupun kompetensi profesional.
Rendahnya hasil ujian nasional (Unas) serta banyaknya peserta didik yang tidak lulus ujian beberapa tahun terakhir, memberikan kesan bahwa secara paedagogik guru belum berhasil mengaktualisasikan potensi anak dalam pembelajaran yang transpormatif, proses pembelajaran masih cenderung konvensional dan transaksional. Pembelajaran komprehenship baik ranah kognitif (transformasi pengetahuan) , afektif (internalisasi nilai sikap) dan psikhomotorik (kecakapan ketrampilan ) seperti pandangan Taxonomi Bloom dkk (1952), belum terimplementasikan sebagaimana mestinya. Pada dimensi lain pembangunan watak ( character building) dan pendidikan kecakapan hidup ( life skill) belum berjalan optimal karena guru masih terbebani capaian-capaian kuantitatif (sekumpulan hasil nilai Unas).
Kasus-kasus guru, seperti pemalsuan dokumen  pengusulan kenaikan pangkat, rekayasa portofolio sertifikasi, perilaku guru cabul, kepala sekolah terjerat kasus korupsi, guru nyambi jadi calo rekrutmen CPNS ( Jawa Pos 5 Nopember 2010), dan kasus semacamnya, memunculkan pertanyaan serius, sejauh mana kompetensi kepribadian guru dan kepala sekolah sebagai figur contoh dapat diharapkan keteladanannya. Sejauh mana peran pemberdayaan dan pencerahan edukasinya ditengah-tengah krisis tata nilai dan tidak diindahkannya norma di tengah masyarakat.
Guru profesional seharusnya memiliki komitmen  tinggi yang terejawantahkan dalam kinerjanya maupun kwalitas kepribadiannya. Peningkatan kesejahteraan sebagai reward yang diterima, belum berfungsi menjadi support dan motivasi dalam upaya mengoptimalkan potensi peserta didik maupun  dalam merealisasikan tujuan pendidikan nasional yang lebih berkualitas. Terbukti tidak sedikit guru lulus sertifikasi yang bekerja angin-anginan, kemampuan pas-pasan, masih ditambah kompetensi akadmisnya yang diraih dengan cara instan melalui jalan pintas.
Kondisi di atas masih diperparah dengan peran pengawas sekolah yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara proporsional sesuai dengan Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007. Pengawas masih menikmati langgam dan lagu lama yang kehadirannya dimaknai sebatas “mengawasi”. Mungkin terpengaruh kata “awas” yang jika diucapkan dengan intonasi yang tinggi menjadi semacam “ancaman”, menakut-nakuti, cendrung mencari-cari kesalahan. Padahal peran pengawas baik dalam supervisi akademik/intruksional yang menuntut efektifitas eksternal atau aspek kualitatif maupun supervisi manajerial yang menuntut efisiensi internal biasa disebut aspek kuantitatif (Dirjen PMPTK Depdiknas 2009), mengharuskan yang bersangkuan lebih banyak membangun komunikasi, sharing, diskusi dan peran-peran lain yang membutuhkan googwill bukan duduk di kantor menghadap meja dan hanya “mengawasi” di atas kertas. Tidak hanya bertandang ke lapangan (lembaga sekolah) sebatas disaat-saat pelaksanaan ujian sekolah berlangsung.
Keterbatasan sumber daya manusia (human recources) tersebut juga terlihat masih rendahnya kemampuan pengawas dalam m kwalitasningkatkan kompetensi diri menghadapi perubahan dan kemajuan IPTEK dan derasnya arus informasi. Tidak sedikit pengawas yang masih gagap tehnologi. Banyak diantaranya belum membudayakan minat baca, pembiasaan menulis, kurang/tidak menguasai komputer/laptop, mengakses internet belum menjadi kebutuhan, padahal semua itu sebagai jendela dan pintu masuk mengembara di belantara ilmu pengetahuan . Ketidakmampuan mendasar ( elementer) tersebut tak ayal akan menghambat tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah sebagai bagian penting dalam membaca parameter ketercapaian tujuan pendidikan.
Menurut hemat penulis, kedepan perlu dipikirkan bagaimana formula dan upaya konkrit mengoptimalkan kinerja pengawas sekolah sehingga eksistensinya menjadi faktor  penting dalam menumbuhkembangkan kwalitas dan kemajuan pendidikan.
Pertama, Reward dan Punishman konkrit, yakni upaya penguatan tugas pokok dan fungsi pengawas secara tegas yang diterjemahkan secara operasional di lapangan dan tidak cukup hanya dengan aturan-aturan normatif. Agar jelas parameter keberhasilan dan kegagalan kinerjanya, perlu ada reward dan punishman yang berdampak eksekusi.
 Kedua, Pengawasan Melekat dimana kedudukan pengawas yang selama ini dikantor UPTD atau dinas pendidikan perlu dialihkan secara fisik terjadwal berada di lembaga sekolah yang menjadi wilayah kerjanya. Sehingga pengawas tidak sekedar memantau namun memilki tanggung jawab yang sama dengan guru dan kepala sekolah dalam menggerakkan perubahan dan pengembangan sekolah.Tidak ada lagi pengawas yang hanya mengkambing hitamkan guru dan kepala sekolah ketika sekolah gagal berkembang. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi kedatangan pengawas di sekolah menjadi beban psikhologis dan beban finansial yang memberatkan anggaran lembaga sekolah.
Ketiga, Upgrade Kompetensi yaitu peningkatan kemampuan pengawas melalui berbagai workshop dan pelatihan  atau pendidikan khusus, sehingga kemampuan akademis dan manajerialnya selalu di update, tidak ketinggalan dengan guru dan kepala sekolah di wilayah kerjanya. Dan sudah barang tentu penguasaan tehnologi adalah keniscayaan baginya karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan dalam menyokong proses pendidikan.
Jika  tidak ada pengkondisian dan perubahan sistem serta langkah revitalisasi peran dan fungsi pengawas, maka postur dan performance pengawas sekolah masih akan terus setali tiga uang, jas bukak iket blangkon ( sama jugak sami mawon) dengan keprihatinan kita terhadap kondisi guru-kepala sekolah yang telah bersertifikasi namun belum menunjukkan peningkatan kwalitas kinerja yang signifikan. Ujung-ujungnya segala ekses negatif dari kondisi di atas akan berdampak pada kegagalan pencapaian prestasi yang hendak diraih. Tujuan dan harapan besar agar dapat teralisasinya pendidikan yang berkualitas akan jauh panggang dari api.
Terlepas dari keprihatinan di atas kita patut memberikan apresiasi bagi guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah yang sudah bersertifikasi dan telah berusaha bekerja maksimal  profesional sehingga layak menikmati tunjangan profesinya.
Pada peringatan hari guru ini patut dijadikan momentum introspeksi diri seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) di bidang pendidikan tentang apa-apa yang telah dapat dicapai dan menginventarisasi kegagalan yang selanjutnya dijadikan bahan perenungan sekaligus dicarikan solusi terbaik untuk melangkah ke depan dengan optimistis dan meraih hasil yang lebih “matoh”.

*) Suwarno, Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas
     Pendidikan Bojonegoro.
     Mail: suwarnobbt@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar