Pengetan Hari Guru
25 Nopember 2010:
GURU LAN
PEMBANGUNAN WATAK
Dening : Nono Warnono *)
Wis dikawuningani yen pendidikan nglungguhi
peran wigati ing ndalem nyengkuyung owah-owahan positif tumuju pembangunan
peradaban masyarakat ing lingkup lokal,regional, nasional nganti tataran
global. Ing sadawane perjalanan sejarah Indonesia
maneka pangupaya ngundhakake mutu pendidikan wis disranani kanthi maneka
ikhtiyar, wiwit ningkatake mutu guru
kadidene sumber daya manusia ( human resources ), gonta-gantine kurikulum,
laire maneka warna undang-undang nganti muncule maneka peraturan. Kabeh usaha mau ngener tumuju marang
gegayuhan kepiye bisane kasil mujudake pendidikan kang luwih becik
kwalitase.
Pangrekadaya kareben kasembadan
nggayuh tujuan kasebut, eksistensi guru dadi pilar penting pinangka
panyengkuyung kasil orane pendidikan lumantar proses pembelajaran ing bangku
sekolah. Komitmen pengabdian, mutu kinerja, sarta kompetensi guru dadi faktor wigati kanggo nggulawenthah peserta didik kareben bisa nampa
transformasi pengetahuan (domain kognitif), internalisasi nilai sikap (domain afektif)
lan gladhi ketrampilan life skill ( ranah psikhomotorik ),kaya kang nate kabiwarakake
lumantar Taxonomi Bloom ( 1952). Produk pendidikan kaajab bisaa menehi pengaruh
signifikan marang perubahan perilaku positif lan memangun karakter. Kanthi
kahanan mangkono istingarah sawise proses pendewasaan rampung ing pamulangan, peserta didik bisa dadi warga masyarakat kang
produktif lan migunani ing madyaning
bebrayan.
Emane pangarep-arep mau isih winates
ing sajrone angen-angen lan pangimpen, durung bisa kaleksanan kanthi optimal,
isih adoh nyamut-nyamut. Yagene? Jalaran mutu pendidikan sasuwene iki isih ditaker
kanthi parameter (ukuran) kuantitatif, rupa kumpulan angka-angka nilai ujian
nasional (Unas). Nglirwakake ketrampilan proses kang lumaku, sahingga guru anggone
mulang ketungkul model pembelajaran konvensional lan transaksional, durung
pembelajaran kang transpormatif.
Banjur kepriye mutu kelulusan pendidikan
kang mung adhdhasar orientasi nilai hasil dudu nilai proses? Bisa dibedhek, lamun
ing tengah bebrayan perilakune generasi
mudha mau isih durung dadi faktor panyengkuyung, ananging malah dadi sesanggan
sosial ing tengah masyarakat. Lire, karakter kang tumanem ing saben pribadi
durung nggambarake produk pendidikan kang santun lan berkarakter. Ing babagan
liya ketrampilan hidup (life skill) kang dikuasai isih minim banget lan kurang
bisa bersaing ing tengah dunia kerja.
Keprihatinan mau ora mung
disebabe model pembelajaran ing njero kelas, nanging uga karana perilaku
pendidik kang ora keplok antarane pangucap lan tumindak. Ora sethithik tenaga
edukatif (pendidik) sing durung bisa ngemban amanah sawutuhe. Durung pantes
dadi patuladhan para murid, luwih-luwih dadi panutan ing tengah masyarakat.
Kita asring nyumurupi guru-guru (nadyan ora kena digebyah uyah) kang laku ora
jujur ( malsu usul kenaikan pangkat, rekayasa portofolio sertifikasi), ora
disiplin (ajeg teka telat, kerep mbolos, dhemen cangkrukan/ngrumpi lan liya-liyane),
laku amoral (slingkuh, cabul, dadi calo CPNS, lan sapanunggalane). Kabeh mau
aweh gegambaran sepira mrosote kualitas sumber daya pendidik, sahingga
masyarakat melu sumelang nyawang kanyatan kang mutawatiri mau. Kamangka kanthi
laire Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 ngenani guru lan dosen, para pendidik profesional
wis diapresiasi dening pemerintah wujud tambahan tunjangan kesjahteraan satu kali gaji. Minangka panyurung mungguh
bisane para guru grengseng kebak semangat pengabdian, kinerja optimal,
berkepribadian lan berkarakter, sahingga kasil nggayuh prestasi-prestasi kang
onjo.
Mula kanggo ngawekani kanyatan
kasebut wigati banget anane revitalisasi pembangunan watak (character building)
marang guru kadidene pendidik lan peserta didik/murid, kaya kang nate
dingendikakake wakil menteri Pendidikan Nasional, Fasli Jalal, nalika mbukak
seminar pendidika ing Jakarta durung suwe iki. Pembangunan watak lan budi
pekerti perlu diwulangake sajrone proses pembelajaran ing bangku sekolah, murih murid lan guru ora mung
cerdas intelektual ananging uga cerdas emosional (emotional quotion), cerdas
spiritual (spiritual quotion) lan cerdas sosial ( social quotion ).
Ing awal kamardhikan Indonesia, Bung
Karno nate ngupaya kepriye
watak/karakter bangsa kudu dibangun ing sajrone konteks politik kang dinamis.
Moh Said lan Ki Hajar Dewantara (Taman Siswa) uga adreng setiyar mungguh
kepriye ing bangku pamulangan peserta didik ora mung pinter intelektuale kewala,
nanging bisaa ginulawenthah kadidene manungsa berkarakter (konteks pedagogik). Rikala
samana usaha-usaha mau nduweni makna kang jero karana para pelaku politik lan
pendidikan isih tulus murni ngupaya kanggo
mujudake bangsa kang berwatak lan berkepribadian. Nanging saiki usaha
pembangunan watak kang diadani dening birokrat pendidikan, politisi lan maneka
organisasi pendidikan krasa tanpa makna jalaran kabotan muatan kepentingan
sesaat.
Pembangunan watak lumantar pendidikan
kudune ngajak siswa nepungake nilai kognitif, penghayatan nilai ing ranah
afektif banjur ngamalake nilai ing urip kanyatan (saka diagnosis menyang
praktis). Kanggo nuju marang praktek, ana swsana batin kang wigati kudu diwujudake ing pribadi siswa
yaiku pepenginan kuat utawa tekat kuat kanggo wanuh nilai-nilai (conatio), dene
guru ngupayaake langkah bimbingan nggemblengake tekat siswa (konatif). Ya
trilogi klasik pendidikan kasebut kang asring disebut-sbut dening Ki Hajar
Dewantara kadidene cipta, rasa lan karsa.
Adhedhasar gegambaran mau, pendidikan
pembangunan watak sejatine nenuntun nglantarake bocah/siswa kanthi sukarela,
manunggalake dhirine marang nilai-nilai kang disebut dening Prof Phenik kanthi tetembungan
“voluntary personal commitment to values”.
Saliyane iku, pendidikan watak
ing proses pamulangan bisa ngecakake pilihan peminatan ( seni, olahraga, IT,otomotif lan liya-liyane)
kang banget wigati kanggo ancang-ancang mlebu ing dunia kerja. Pendidikan watak
dudu sekedar nggrojog ceramah mental, ananging luwih marang pemaknaan konkrit
lan tauladhan nyata. Ing ngarsa asung
tuladha ing madya mangun karsa tutwuri handayani.
Lumakune pendidikan watak cara
evaluasi, yaiku nilai-nilai apa wae kang wis ditepungi siswa lan dipahami
ngenani maneka sesurupan ing ndalem bebrayan (pengalaman sosial, etos kerja, lan
kejujuran). Wondene Cak-cakan (implementasi) pendidikan pembangunan watak ing
bangku pamulangan ora ateges nganakake tambahan
mata pelajaran anyar, nanging konten materi character building nyawiji (
terintegrasi ) sajrone mata pelajaran
kang wis ana. Mula pendidikan pembangunan watak dadi kewajiban kabeh guru lan
stake holder ( pemangku kepentingan ) kang kawogan. Lumantar kantin kejujuran
siwa nampa pelajaran kepriye kudune ngedohi tindak korupsi, lewat jam kejujuran
siswa terbiasa disiplin lan nilai-nilai watak kepribadian sapanunggalane kang
diangkah bisa dadi kabudayan ing saben pangucap lan tingkah laku.
Pembangunan karakter marang peserta
didik ing pamulangan lan pembangunan watak masyarakat/bebrayan lumantar
aktualisasi nilai-nilai luhur kaajab dadi momentum penting ing arikala pendidik
Indonesia mengeti Hari Guru tahun 2010. Sahingga pendidikan ora mung dadi
panggung para guru mamerake egoisme kanthi mengeksploitasi murid bisane nggayuh nilai kang becik
lumantar ujian nasional. Ananging kaajab proses pembelajaran luwih mentingake
pross pendidikan secara komprehnshif ( kabeh aspek) sahingga hasil pendidikan
ngasilake peserta didik kang cerdas,berkarakter lan berkepribadian.
*) Penulis
pegiat pendidikan
E-mail:
suwarnobbt@gmail.com
Refleksi Peringatan Hari Guru 25
Nopember 2010:
GURU PROFESIONAL
DAN PENGUATAN
PENGAWAS SEKOLAH
Oleh : Suwarno *)
Laju sepeda kumbang di jalan berlubang
Slalu begitu dari dulu waktu
jaman Jepang
…………………………………………..
Oemar Bakri, Oemar Bakri pegawai
negeri
Oemar Bakri, Oemar Bakri empat puluh tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbhakti
memang makan hati
Oemar Bakri banyak ciptakan
menteri
Oemar Bakri
profesor,dokter,insinyur pun jadi
Tapi mengapa gaji guru Oemar
Bakri seperti dikebiri
Penggalan lagu “Guru Oemar
Bakri” yang dipopulerkan Iwan Fals di tahun 80-an tersebut jika dihayati syairnya terasa menggelitik perasaan kita. Terbersit dalam angan sosok guru yang
bersahaja, berkomitmen, sabar, tulus ikhlas dan penuh dedikasi mengajar,
mendidik dan melatih peserta didiknya secara totalitas meski dengan fasilitas terbatas
serta gaji minim kurang memadai ( untuk mengatakan gaji sedikit dan tidak cukup
menjangkau kebutuhan hidup sehari-hari ).
Dalam konteks kekinian sosok guru seperti
diilustrasikan pada lagu di atas rasanya sudah jarang ditemui karena kita sudah
berpijak dan merambah pada era yang berbeda. Selain dinamika kehidupan global
yang melaju dengan cepat searah kemajuan IPTEK dan revolusi informasi
(J.Naisbitt, 1982 ), sistem pendidikan di Indonesia sudah memberikan apresiasi finansial
berupa tunjangan profesi bagi guru yang lulus sertifikasi seiring lahirnya
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Reward tambahan satu
kali gaji yang dinikmati guru bukanlah jumlah yang sedikit sebagai upaya serius
untuk peningkatan kwalitas kesejahteraan pendidik yang selama ini menjadi
alasan klise sebab-sebab rendahnya
output pendidikan di segala jenjang pendidikan.
Namun patut disayangkan realisasi tambahan
kesejahteraan tersebut belum diikuti peningkatan kinerja guru secara optimal
dan prestasi akademik non akademik yang membanggakan. Belum terlihat dampak perubahan
perilaku secara signifikan dari tenaga edukatif tersebut sebagai cerminan peningkatan
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial maupun
kompetensi profesional.
Rendahnya hasil ujian nasional (Unas)
serta banyaknya peserta didik yang tidak lulus ujian beberapa tahun terakhir, memberikan
kesan bahwa secara paedagogik guru belum berhasil mengaktualisasikan potensi anak
dalam pembelajaran yang transpormatif, proses pembelajaran masih cenderung
konvensional dan transaksional. Pembelajaran komprehenship baik ranah kognitif
(transformasi pengetahuan) , afektif (internalisasi nilai sikap) dan
psikhomotorik (kecakapan ketrampilan ) seperti pandangan Taxonomi Bloom dkk
(1952), belum terimplementasikan sebagaimana mestinya. Pada dimensi lain
pembangunan watak ( character building) dan pendidikan kecakapan hidup ( life
skill) belum berjalan optimal karena guru masih terbebani capaian-capaian
kuantitatif (sekumpulan hasil nilai Unas).
Kasus-kasus guru, seperti pemalsuan
dokumen pengusulan kenaikan pangkat,
rekayasa portofolio sertifikasi, perilaku guru cabul, kepala sekolah terjerat
kasus korupsi, guru nyambi jadi calo rekrutmen CPNS ( Jawa Pos 5 Nopember 2010),
dan kasus semacamnya, memunculkan pertanyaan serius, sejauh mana kompetensi
kepribadian guru dan kepala sekolah sebagai figur contoh dapat diharapkan
keteladanannya. Sejauh mana peran pemberdayaan dan pencerahan edukasinya ditengah-tengah
krisis tata nilai dan tidak diindahkannya norma di tengah masyarakat.
Guru profesional seharusnya memiliki
komitmen tinggi yang terejawantahkan
dalam kinerjanya maupun kwalitas kepribadiannya. Peningkatan kesejahteraan
sebagai reward yang diterima, belum berfungsi menjadi support dan motivasi
dalam upaya mengoptimalkan potensi peserta didik maupun dalam merealisasikan tujuan pendidikan nasional
yang lebih berkualitas. Terbukti tidak sedikit guru lulus sertifikasi yang
bekerja angin-anginan, kemampuan pas-pasan, masih ditambah kompetensi
akadmisnya yang diraih dengan cara instan melalui jalan pintas.
Kondisi di atas masih diperparah dengan
peran pengawas sekolah yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara
proporsional sesuai dengan Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007. Pengawas masih
menikmati langgam dan lagu lama yang kehadirannya dimaknai sebatas “mengawasi”.
Mungkin terpengaruh kata “awas” yang jika diucapkan dengan intonasi yang tinggi
menjadi semacam “ancaman”, menakut-nakuti, cendrung mencari-cari kesalahan.
Padahal peran pengawas baik dalam supervisi akademik/intruksional yang menuntut
efektifitas eksternal atau aspek kualitatif maupun supervisi manajerial yang menuntut
efisiensi internal biasa disebut aspek kuantitatif (Dirjen PMPTK Depdiknas
2009), mengharuskan yang bersangkuan lebih banyak membangun komunikasi,
sharing, diskusi dan peran-peran lain yang membutuhkan googwill bukan duduk di
kantor menghadap meja dan hanya “mengawasi” di atas kertas. Tidak hanya
bertandang ke lapangan (lembaga sekolah) sebatas disaat-saat pelaksanaan ujian
sekolah berlangsung.
Keterbatasan sumber daya manusia (human
recources) tersebut juga terlihat masih rendahnya kemampuan pengawas dalam m kwalitasningkatkan
kompetensi diri menghadapi perubahan dan kemajuan IPTEK dan derasnya arus
informasi. Tidak sedikit pengawas yang masih gagap tehnologi. Banyak
diantaranya belum membudayakan minat baca, pembiasaan menulis, kurang/tidak
menguasai komputer/laptop, mengakses internet belum menjadi kebutuhan, padahal
semua itu sebagai jendela dan pintu masuk mengembara di belantara ilmu
pengetahuan . Ketidakmampuan mendasar ( elementer) tersebut tak ayal akan
menghambat tugas pokok dan fungsi pengawas sekolah sebagai bagian penting dalam
membaca parameter ketercapaian tujuan pendidikan.
Menurut hemat penulis, kedepan perlu
dipikirkan bagaimana formula dan upaya konkrit mengoptimalkan kinerja pengawas
sekolah sehingga eksistensinya menjadi faktor
penting dalam menumbuhkembangkan kwalitas dan kemajuan pendidikan.
Pertama, Reward dan Punishman konkrit, yakni
upaya penguatan tugas pokok dan fungsi pengawas secara tegas yang diterjemahkan
secara operasional di lapangan dan tidak cukup hanya dengan aturan-aturan
normatif. Agar jelas parameter keberhasilan dan kegagalan kinerjanya, perlu ada
reward dan punishman yang berdampak eksekusi.
Kedua, Pengawasan Melekat dimana kedudukan
pengawas yang selama ini dikantor UPTD atau dinas pendidikan perlu dialihkan
secara fisik terjadwal berada di lembaga sekolah yang menjadi wilayah kerjanya.
Sehingga pengawas tidak sekedar memantau namun memilki tanggung jawab yang sama
dengan guru dan kepala sekolah dalam menggerakkan perubahan dan pengembangan
sekolah.Tidak ada lagi pengawas yang hanya mengkambing hitamkan guru dan kepala
sekolah ketika sekolah gagal berkembang. Dengan demikian diharapkan tidak ada
lagi kedatangan pengawas di sekolah menjadi beban psikhologis dan beban
finansial yang memberatkan anggaran lembaga sekolah.
Ketiga, Upgrade Kompetensi yaitu peningkatan kemampuan
pengawas melalui berbagai workshop dan pelatihan atau pendidikan khusus, sehingga kemampuan akademis
dan manajerialnya selalu di update, tidak ketinggalan dengan guru dan kepala
sekolah di wilayah kerjanya. Dan sudah barang tentu penguasaan tehnologi adalah
keniscayaan baginya karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan dalam menyokong
proses pendidikan.
Jika
tidak ada pengkondisian dan perubahan sistem serta langkah revitalisasi
peran dan fungsi pengawas, maka postur dan performance pengawas sekolah masih
akan terus setali tiga uang, jas bukak
iket blangkon ( sama jugak sami mawon) dengan keprihatinan kita terhadap
kondisi guru-kepala sekolah yang telah bersertifikasi namun belum menunjukkan
peningkatan kwalitas kinerja yang signifikan. Ujung-ujungnya segala ekses
negatif dari kondisi di atas akan berdampak pada kegagalan pencapaian prestasi
yang hendak diraih. Tujuan dan harapan besar agar dapat teralisasinya
pendidikan yang berkualitas akan jauh panggang dari api.
Terlepas dari keprihatinan di atas kita
patut memberikan apresiasi bagi guru, kepala sekolah serta pengawas sekolah
yang sudah bersertifikasi dan telah berusaha bekerja maksimal profesional sehingga layak menikmati tunjangan
profesinya.
Pada peringatan hari guru ini patut
dijadikan momentum introspeksi diri seluruh stakeholder (pemangku kepentingan)
di bidang pendidikan tentang apa-apa yang telah dapat dicapai dan
menginventarisasi kegagalan yang selanjutnya dijadikan bahan perenungan sekaligus
dicarikan solusi terbaik untuk melangkah ke depan dengan optimistis dan meraih
hasil yang lebih “matoh”.
*) Suwarno, Pengawas Sekolah
di lingkungan Dinas
Pendidikan Bojonegoro.
Mail:
suwarnobbt@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar